Gugat Pebisnis Yang Pakai Nama Bensu, Ruben Onsu Ogah Disebut Arogan

0
70
DamQQ – Berita terbaru datang dari presenter Ruben Onsu yang akrab disapa Bensu. Ia menggugat salah satu bisnis kuliner bernama Bengkel Susu yang menyingkat usahanya menjadi Bensu.

Kemiripan ini dianggap melanggar hak intelektual Ruben sebagai seorang artis. Di mana tercantum dalam UU Nomor 20 Tahun 2016 Pasal 21 ayat 2A mengenai penggunaan nama orang terkenal sebagai merek dagang.

“Bensu ini sudah menjadi nama singkatan dari orang terkenal. Kalau kita lihat bagaimana perjalanan Ruben Onsu pasti tahu kiprahnya sejak 1996. Ada saksi sejarahnya ketika nama panggung itu diberikan, yaitu Aditya Gumay,” kata Minola Sebayang selaku kuasa hukum

Ruben saat gelar jumpa pers di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (11/10/2018).
Ia menambahkan, “Kalau kita bicara nama Bensu pasti orang ingatnya Ruben Onsu. Atau SBY pasti orang ingatnya Susilo Bambang Yudhoyono. Jadi UU memang perlu memberikan perlindungan agar mereka (pelaku bisnis) yang ingin menggunakan nama orang terkenal bisa ditolak,” ucapnya.

1. Tak Mau Disebut Arogan

DamQQ – Saat melayangkan gugatan pembatalan pendaftaran merek oleh Jessy Handalim pada 28 September 2018, Ruben Onsu tak mau disebut bersikap arogan. Ia hanya ingin mempertahankan apa yang sudah menjadi haknya.

“Ini bukan suatu bentuk arogansi, bukan suatu bentuk persaingan bisnis, tapi bentuk kita menghargai UU. Ruben hanya ingin menggunakan hak untuk menpertahankan namanya,” tegas Minola.

Pihak tergugat diketahui sudah mematenkan nama bisnisnya sejak 3 September 2015 meski sertifikat baru dikeluarkan pada 7 Juni 2018. Namun menurut Minola hal tersebut tak bisa dijadikan acuan.

“Permohonan (tergugat) dilakukan pada 2015, tapi kan saat itu (Ruben) nggak tahu ke depannya akan berbisnis atau nggak. Tapi ketika ada orang yang populer pakai nama kita, kita pasti keberatan. Bukan masalah dia sudah ajukan lebih dulu, tapi ini nama Ruben dan UU berbicara demikian. Kami hanya ingin mendapatkan hak yang seharusnya didapatkan sesuai dengan UU dan ketentuan yang berlaku,” tandasnya.

Ruben Onsu berniat mematenkan merek Geprek Bensu pada awal 2018. Namun dalam perjalanan diketahui nama Bensu sudah terdaftar atas nama Jessy Handalim pada Juni 2018.

Melihat hal tersebut Ruben melayangkan gugatan agar pengadilan membatalkan kepemilikan Jessy atas merek Bensu. Karena itu sudah identik dengan nama Ruben Onsu sebagai seorang artis.

Sidang perdana gugatan sudah digelar hari ini di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Namun pihak tergugat tidak hadir sehingga harus dijadwalkan ulang. Selain itu Ditjen HKI juga menjadi turut tergugat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here